Tulisan SWITTY

ROBIATUL ADAWIYAH

Jumat, 04 Juni 2010

Sampah

Sampah di Jakarta sangat banyak,sehingga banyak tempat- tempat yang seharusnya untuk permukiman warga dijadikan sebagai wadah untuk sampah – sampah dari dapur rumah tangga dan juga sampah dari pabrik – pabrik dibuang begitu saja di sungai – sungai ibukota, sehingga mencemarkan kehidupan biota laut.
Sampah ada banyak jenis, yaitu sampah organic dan sampah anorganik. Sampah organic adalah sampah yang berasal dari bahan – bahan sisa makanan yang bisa terurai secara alamiah. Sampah anorganik itu sendiri adalah sampah yang berasal dari bahan – bahan yang sulit terurai atau dari plastik – plastic yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.Terdapat pula sampah yang berbahaya dan beracun, yaitu sampah yang berasal dari bahan kimia.
Untuk cara penanggulangan sampah organic adalah dengan cara pengomposan, yaitu suatu proses bahan – bahan organic yang terurai secara biologis atau oleh mikroba – mikroba yang memanfaatkan bahan organic sebagai sumber energinya didalam proses penguraian.
Dan untuk penanggulangan sampah anorganik adalah dengan cara mendaur ulang. Yaitu seperti mengumpulkan plastic – plastic untuk dibuat menjadi suatu karya yang bisa menguntungkan, yang seperti kita ketahui yaitu plastic – platik sampah dibuat menjadi tas yang cantik dan juga pembungkus untuk bingkai foto dan lain – lainnya. Dan untuk sampah botol – botol didaur ulang menjadi suatu karya yang berbilai juga, yaitu dibuat menjadi suatu wadah yang unik dan diberi warna yang menarik,sehingga lebih indah.
Dan jika kita menginginkan kota kita bersih dari sampah – sampah yang banyak berserakan di jalan – jalan, sebaiknya kita menggunakan pembungkus belanjaan, pembungkus makanan dan lain – lain dengan pembungkus yang dapat didaur ulang atau diganti dengan kertas.

0 komentar:

Posting Komentar